Pemikiran pemikiran yang tipis Bertahan lebih sulit

 

Pada suatu partai berlangsung langkah - langkah berikut :

1. e2-e4 d7-d6.

Melihat langkah ini maka orang tentu menduga bahwa pembukaan akan mengarah ke jurusan yang dinamakan pembelaan Pirc atau Jugoslavia atau pula oleh kalangan Rusia disebut pembelaan Ufimzew.

Ide pembukaan ini adalah penyempurnaan pembukaan Aljechin (1. e4 Kf6 2. e5) dengan menghindarkan dahulu kemungkinan e5 itu. Jadi lazimnya terjadi rentetan langkah 1.e4 d6 2.d4 Kf6 dalam pembukaan Pirc-Jugo/Ufimzew itu. Tetapi sesudah Kg1-f3 hitam langsung bermain e7-e5 untuk rupanya menghindari 2. ... Kf6 3.e5.

Tetapi marilah kita tinjau apakah kekhawatiran yang terakhir itu mempunyai dasar yang baik? Sesudah : 3. ... dxe5 4. Kxe5 Kbd7 maka putih agaknya menuju ke pembuangan tempo dengan Kxd7 Gxd7 atau 5.d4 Kxe5 6.dxe5 Mxd1 7.Rxd1 Kxg4 dan e5 lenyap berhubung ancaman dobel atas bidak itu dan f2, malah yang terakhir dengan kemenangan kwalitas kalau dibiarkan Kxf2.

Dengan langkah 2.... e5 tadi hitam belum berbuat kesalahan hanya ada kemungkinan tersesat ke dalam variant dari pembukaan philidor yang tidak begitu menguntungkan. Mengapa ? Karena langkah d6 itu membatasi gerak gerik gajah di f8 yang biasanya sangat giat pada diagonal g1-a7 ( petak c5 ) dalam pembukaan jenis terbuka.

selanjutnya >>

 

depan  I  tentang   I  mailinglist  I  Anggota  I  komunitas I  kontak I  bantuan  I  peta

Copyrights (C) 1999-2000 catur.itgo.com - All Rights Reserved -