lanjutan apa itu...

Hal ini pernah disengaja oleh seorang grandmaster yang pura-pura tidak mengenal akan syarat ini. Memang benar bahwa syarat ini tidak dirangkaikan pada bab rokade tetapi digabungkan dengan uraian pemberian syah pada umumnya.

ETIKET rokade mengatakan bahwa raja harus dijalankan terlebih dahulu. Tetapi praktis lebih tegas ialah memegang Raja dengan satu tangan dan benteng dengan tangan lain lalu serentak digerakkan kedua buah itu bersamaan waktu.

Dalam suatu turnamen di Jakarta pernah terjadi heboh kecil karena ada yang menuntut bahwa sudah dijalankan benteng terlebih dahulu ia stop saja !

Meningkat kepersoalan makna rokade, maka sebenarnya hal ini yang merupakan salah satu faktor sulit dalam pengendalian bermutu. Memang benar bahwa raja itu sebaiknya jangan terlampau lama ditinggalkan ditengah dimana ia dapat disergap oleh berbagai buah lawan sebelum pesta pertukaran secara besar-besaran berakhir, tetapi terlalu cepat melakukan rokade pun acap kali memberikan angin kepada rencana pihak lawan. Apalagi kalau ia sendiri belum melakukan rokade. Maka dengan rokade yang tergesa yang dengan istilah lain disebut rokade konvensional memberikan pegangan lumayan pada pihak lawan yang mencari titik lemah untuk penyerangan. Rokade konvensional itu banyak terlihat pada pemain "sawahan" dan ada yang melakukannya biarpun bagian lain menjadi berantakan karenanya. Ia sudah puas dengan rokade itu saja ! Dan itu bukan maknanya yang hendak diuraikan.

Kalau ditilik lebih mendalam maka hendak melakukan rokade pendek atau panjang atau tidak sama sekali bergantung kepada keadaan pusat yang ada. Ada pemain - pemain ulung yang sengaja mengulur niat rokade sebagai pancingan. sehingga kalau dikira bahwa ia akan melakukan rokade pendek lalu lawan tergesa menyerbu kesayap bersangkutan, maka ia tiba-tiba mempersiapkan rokade panjang yang segera pula dilaksanakan sehingga para penyerang selain kecolongan tempo yang berharga juga salah alamat.

Tetapi kalau hendak memberi petunjuk yang sepuasnya maka uraian demikian akan setebal buku karangan seorang master Yugo yang bernama Vukovic denganjudul buku "Der Rokade Angriff" (Serangan Rokade). Secara sederhana dan singkat supaya mudah dikuasai akan kami singgung strategi pusat yang sangat erat hubungannya dengan rokade pada kesempatan yang lain.

 

depan  I  tentang   I  mailinglist  I  Anggota  I  komunitas I  kontak I  bantuan  I  peta

Copyrights (C) 1999-2000 catur.itgo.com - All Rights Reserved -