Apa itu 0-0 atau 0-0-0 ?

Yang sudah berpengalaman tentu serentak menjawab ROKADE dan 0-0 adalah rokade pendek (Re1-g1 bersamaan dengan Bh1-f1 dan untuk Re8-g8 hitam bersamaan dengan Bh8-f8), sedangkan 0-0-0 adalah rokade panjang (Re1-c1 bersamaan dengan Ba1-d1, untuk hitam Re8-c8 bersamaan dengan Ba8-d8).

Mudah kalau sudah diterangkan, hanya tidak semua pemain kenal benar tentang :
A. Syarat-syarat serta etiket untuk rokade
B. Makna rokade dalam hubungannya dengan strategi catur.

Rokade menurut penyelidikan ahli mulai terkenal pada abad ke 15 dan tercipta oleh pikiran Barat.

Syarat - syarat yang harus dipenuhi untuk dapat melakukan rokade ialah :

  1. Raja belum pernah dilangkahkan dalam partai yangtengah berlangsung.
  2. Benteng yang bersangkutan juga belum pernah melangkah dalam partai yang tengah berlangsung.
  3. Petak - petak pada baris antara raja dan benteng bersangkutan telah dikosongkan atau tidak diduduki oleh buah sendiri maupun lawan.
  4. Petak yang akan dilalui maupun yang akan diduduki oleh raja dalam melakukan rokade tidak dikuasai atau disusur oleh buah lawan.

    Perhatikan bahwa syarat ini tidak berlaku untuk benteng yang bersangkutan.
    Contoh :
    Dalam melakukan rokade panjang untuk putih, maka petak d1 maupun c1 tidak dikuasai oleh buah lawan, misalnya oleh kuda hitam yang berada di c3 atau b3. Kalau kuda hitam itu berada di a3 (menguasai atau menyusur b1) dan petak-petak b1-c1-d1 kosong dan tidak pula disusur oleh buah lawan lain dan raja maupun benteng belum pernah melangkah pada saat itu , maka rokade panjang dalam hal ini dapat dilakukan, sekalipun petak b1 yang dilalui benteng dikuasai kuda hitam di a3 itu.

  5. Jika raja tengah terancam dengan pemberian syah oleh buah lawan, maka syah itu harus terlebih dahulu ditangkis, baru sesudah lenyap pemberian syah itu maka rokade dengan dipenuhi semua syarat tersebut diatas dapat dilakukan. Jadi tidak diperkenankan melarikan raja keluar dari ancaman syah itu dengan jalan melakukan rokade serentak.

<< halaman selanjutnya >>

 

 

depan  I  tentang   I  mailinglist  I  Anggota  I  komunitas I  kontak I  bantuan  I  peta

Copyrights (C) 1999-2000 catur.itgo.com - All Rights Reserved -